Peta Situs

Studi Komparasi, KPU OKU Timur Berkunjung ke KPU Jembrana

Humas KPU Jembrana
Studi Komparasi, KPU OKU Timur Berkunjung ke KPU Jembrana
Studi Komparasi, KPU OKU Timur Berkunjung ke KPU Jembrana

KPU Jembrana kembali menerima kunjungan dari KPU Kabupaten di luar Provinsi Bali, setelah sebelumnya menerima kunjungan dari KPU Bitung dan KPU Labuan Batu. Masih sama dengan sebelumnya, kunjungan KPU Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatra Selatan dalam rangka studi komparasi mengenai Daftar Pemilih. Rombongan dari KPU OKU Timur yang terdiri dari Komisioner dan Kasubag Program dan Data diterima oleh Ketua dan Anggota KPU Jembrana.

Pada kesempatan itu, Komisioner KPU OKU Timur menanyakan mengenai pengelolaan data khususnya data pemilih sehingga berhasil mendapatkan award dari KPU Republik Indonesia di tingkat Nasional. Menjawab hal tersebut, Ni Putu Angelia sebagai divisi yang menakhodai pemutakhiran data mengatakan bahwa dari tim operator selalu melakukan crosscheck dan analisis data baik data yang datang dari PPS, Bawaslu, maupun dari Partai Politik.

"Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada potensi ganda ataupun invalid. Jika sudah dirasa fix barulah teman-teman operator akan mengunggah ke SIDALIH," terang Angelia. "Jika ada data yang masih invalid setelah dilakukan analisis, maka kami berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk memperbaiki elemen data yang invalid itu," jelas Angelia.

Selain itu perlu dilakukan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang baik dengan berbagai pihak antara lain Disdukcapil, Bawaslu, PPK, PPS, dan PPDP dalam proses pemutakhiran sehingga kualitas data pemilih yang dihasilkan semakin bagus.