Peta Situs

"Belajar Pemutakhiran", KPU Kota Sibolga Kunjungi Jembrana

Humas KPU Jembrana
"Belajar Pemutakhiran", KPU Kota Sibolga Kunjungi Jembrana
"Belajar Pemutakhiran", KPU Kota Sibolga Kunjungi Jembrana

Hingar bingar award pada kategori Data Pemilih Berkualitas yang diterima oleh KPU Jembrana pada ajang penghargaan oleh KPU RI belum juga usai. Hingga saat KPU Jembrana masih menerima kunjungan dari KPU Kabupaten di luar Bali. Kali ini, KPU Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara mengunjungi KPU Jembrana. Rombongan KPU Kota Sibolga yang terdiri dari Komisioner, Kasubag Teknis, Kasubag Hukum, dan Kasubag Program dan Data diterima oleh Anggota KPU Jembrana I Nengah Suardana, I Ketut Adi Sanjaya, dan Ni Putu Angelia.

Pada kunjungan tersebut, KPU Kota Sibolga dan KPU Jembrana saling sharing mengenai permasalahan dan solusi yang diambil pada Pemilihan Umum 2019 yang telah usai hingga tahapan Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan oleh KPU Jembrana. Pada sesi diskusi tersebut, KPU Kota Sibolga juga "belajar" mengenai tata cara pengelolaan daftar pemilih hingga mendapatkan award. Oleh operator SIDALIH dijelaskan bahwa data-data pemutakhiran yang diterima dari PPS dilakukan analisis terlebih dahulu untuk mengetahui ada tidaknya data yang invalid, data yang ter-entry ganda, maupun yang belum lengkap elemen datanya. Jika ada yang belum lengkap elemen datanya, diupayakan untuk mencari di DP4 maupun verfiikasi faktual di lapangan oleh PPS.

"Untuk data yang elemen data belum lengkap, kami mencarinya di DP4 terlebih dahulu. Jika belum ketemu, maka akan dilakukan koordinasi ke Disdukcapil," terang Putu Angelia. "Agar data pemilih menjadi lebih baik, perlu dilakukan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak, seperti Bawaslu, Disdukcapil, PPK, maupun PPS," jawab Putu Angelia di akhir pertemuan dengan KPU Kota Sibolga.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan foto bersama.

Kunjungan KPU Kota Sibolga ke Jembrana
Kunjungan KPU Kota Sibolga ke Jembrana